Beranda > Lokal > Waspadai 4 Tanda Ciri-ciri Akan Terjadinya Gempa Bumi Dan 10 Tips Menghadapi Gempa

Waspadai 4 Tanda Ciri-ciri Akan Terjadinya Gempa Bumi Dan 10 Tips Menghadapi Gempa

ciri-ciri akan datangnya gempa

ciri-ciri akan datangnya gempa

Gempa bumi yang terjadi memang menakutkan, namun hal ini tidak bisa dihindari mengingat Indonesia termasuk negara yang rawan akan gempa.

Untuk itu, mempelajari dan mewaspadai ciri-ciri yang biasanya terjadi sebelum gempa adalah hal yang bijaksana.

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat terlihat jika akan terjadi gempa bumi. Beberapa ciri-ciri tersebut antara lain:

Lihat ke langit
kalau di langit ada awan yang berbentuk seperti angin tornado/seperti pohon/seperti batang, bentuknya berdiri, itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi.

Awan yang berbentuk aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi, sehingga gelombang elektromagnetis tersebut ‘menghisap’ daya listrik di awan, oleh karena itu bentuk awannya jadi seperti tersedot ke bawah.

Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tapi kemunculan awan gempa seperti itu di langit tidak selalu berarti akan ada gempa. Bisa saja memang bentuknya seperti itu.

Coba diuji medan elektromagnetis di dalam rumah
– Cek siaran TV, apakah ada suara brebet-brebet ataukah tidak
– Jika terdapat mesin fax, cek apakah lampunya blinking biarpun lagi tidak transmit data
– Coba minta orang lain mengirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang diterima berantakan atau tidak
– Coba matikan aliran listrik. Cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang biarpun tak ada arus listrik

Kalo tiba-tiba TV brebet-brebet, lampu fax blinking, padahal sedang tidak transmitting, teks yang kita terima berantakan dan neon tetap menyala biarpun tidak ada arus listrik, itu berarti memang sedang ada gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan tidak dapat dirasakan oleh manusia.

Perhatikan hewan-hewan
Cek apakah hewan-hewan seperti “menghilang”, lari atau bertingkah laku aneh/gelisah. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis.

Air tanah
Lihat juga apakah air tanah tiba-tiba menjadi surut tidak seperti biasanya.

Jika empat tanda ini ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Empat tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan memang akan ada gempa berkekuatan besar.

Walaupun demikian, adanya awan gempa yang bentuknya aneh itu, tetap tidak bisa memastikan kapan gempa terjadi.
Oleh karena itu jangan tunggu-tunggu lagi, sebisa mungkin langsung melakukan tindakan penyelamatan diri untuk menghindari hal-hal yang paling buruk.

Kalau skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut, kita harus selalu aware akan datangnya gelombang tsunami. Tingginya gelombang bisa puluhan meter, bisa juga hanya dua meter. Tapi biarpun hanya dua meter, gelombangnya tidak main-main. Kekuatannya dahsyat (seperti tidak ada habisnya) dan tekanannya bisa mencapai 190 kilogram. (guugling.com)

10 Tips Menghadapi Gempa Diantaranya:

Jika gempabumi menguncang secara tiba-tiba, berikut ini 10 petunjuk yang dapat dijadikan pegangan dimanapun anda berada.

1. DI DALAM RUMAH

didalam rumah

Getaran akan terasa beberapa saat. Selama jangka waktu itu, anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda. Masuklah ke bawah meja untuk melindungi tubuh anda dari jatuhan benda-benda. Jika anda tidak memiliki meja, lindungi kepala anda dengan bantal. Jika anda sedang menyalakan kompor maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran.

2. DI LUAR RUMAH

diluar rumah

Lindungi kepala anda dan hindari benda-benda berbahaya. Di daerah perkantoran atau kawasan industri, bahaya bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Lindungi kepala anda dengan menggunakan tangan, tas atau apapun yang anda bawa.

3. DI MALL, BIOSKOP, DAN LANTAI DASAR MALL

didalam bioskop

Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. Ikuti semua petunjuk dari pegawai atau satpam.

4. DI DALAM LIFT

didalam lift

Jangan menggunakan lift saat terjadi gempabumi atau kebakaran. Jika anda merasakan getaran gempabumi saat berada di dalam lift, maka tekanlah semua tombol. Ketika lift berhenti, keluarlah, lihat keamanannya dan mengungsilah. Jika anda terjebak dalam lift, hubungi manajer gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.

5. DI DALAM KERETA API

didalam kereta api

Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. Bersikap tenanglah mengikuti penjelasan dari petugas kereta. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan.

6. DI DALAM MOBIL

di dalam mobil

Saat terjadi gempabumi besar, anda akan merasa seakan-akan roda mobil anda gundul. Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil anda di kiri jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi dari radio mobil. Jika harus mengungsi maka keluarlah dari mobil, biarkan mobil tak terkunci.

7. DI GUNUNG/PANTAI

di tempat wisata

Ada kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. Menjauhlah langsung ke tempat aman. Di pesisir pantai, bahayanya datang dari tsunami. Jika anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami tampak, cepatlah mengungsi ke dataran yang tinggi.

8. BERI PERTOLONGAN

beripertolongan

Sudah dapat diramalkan bahwa banyak orang akan cedera saat terjadi gempabumi besar. Karena petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan datang ke tempat kejadian maka bersiaplah memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang berada di sekitar anda.

9. EVAKUASI

evakuasi

Tempat-tempat pengungsian biasanya telah diatur oleh pemerintah daerah. Pengungsian perlu dilakukan jika kebakaran meluas akibat gempabumi. Pada prinsipnya, evakuasi dilakukan dengan berjalan kaki dibawah kawalan petugas polisi atau instansi pemerintah. Bawalah barang-barang secukupnya.

10. DENGARKAN INFORMASI

dengarkan informasi

Saat gempabumi besar terjadi, masyarakat terpukul kejiwaannya. Untuk mencegah kepanikan, penting sekali setiap orang bersikap tenang dan bertindaklah sesuai dengan informasi yang benar. Anda dapat memperoleh informasi yang benar dari pihak berwenang, polisi, atau petugas PMK. Jangan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas. (portal.vsi.esdm.go.id)

About these ads
  1. 3 Oktober 2009 pukul 6:25 am

    baru tau ….

    semoga sempat dikerjakan sebelum gempa. berpa menit tanda2 tsb harus dicek ….

    awan tsb arahnya berasal dari sumber gempa atau arahnya ke tempat lain?

    silahkan ke blog saya richocean ttg “2009 3009 ANGKA Gempa PADANG PARIAMAN. 2009 1010 ANGKA Gempa Tsunami ACEH?” dan “2009 0110 Pagi ini Gempa Bengkulu dan Jambi Menyusul Gempa Padang” dan “Selama 17 jam, 3x Gempa PADANG Sumatra Barat”

    atau blog saya lainnya
    http://richmountain.wordpress.com

    salam …

    • 4 Oktober 2009 pukul 8:42 pm

      BERSABARLAH WAHAI SAUDARAKU..DALAM MENERIMA MUSIBAH INI..

    • amanda
      31 Januari 2010 pukul 10:35 am

      bagus bangets

    • 6 Juli 2012 pukul 10:51 am

      terima kash atas infonya,kita hars hati-hati degn bencana yang menimpa kita,kadang kala kita terlalu panik makanya seperti orang yang takut mati aj,untuk itu kita harus waspada dan berhati-hati……………………………………………

  2. 3 Oktober 2009 pukul 7:46 am

    @richocean: yap.. setahuQ awan tersebut dari arah sumber gempa.. yang di jelaskan dari sumber mengatakan begitu.
    salam balik @richocean

  3. 3 Oktober 2009 pukul 3:58 pm

    wah, informasi bagus nech….

  4. 3 Oktober 2009 pukul 5:03 pm

    nice info bro…

  5. 3 Oktober 2009 pukul 9:04 pm

    Artikelnya menarik soalnya kita khan hidup di daerah yang serba rawan, rawan gempa, rawan korupsi, rawan kriminal, Bos ijin share and bookmark yo!!

  6. 3 Oktober 2009 pukul 9:07 pm

    mas , berlindung di bawah meja itu salah, malah membahayakan, baca penilitian berikut : http://luminousreload.wordpress.com/2009/09/15/segitiga-kehidupan-jika-terjadi-bencana-atau-gempa

  7. 4 Oktober 2009 pukul 5:27 am

    @tips SEO sederhana: terimakasih kunjungannya.. ~o)
    @dorion55: terimakasih.. masih butuh banyak bimbingan Gan :-@
    @aaddeekk: terimaksih Gan, iya setuju sekali. semoga hal-hal sedemikian rupa tidak terjadi dan terulang kembali [-o<
    @bambang: terimaksih atas masukannya.. langsung ke TKP..!

  8. 4 Oktober 2009 pukul 7:54 am

    Sekedar Informasi saja tanpa ada upaya menghakimi, sekedar bahan instrospeksi sesam muslim!

    KAITAN ANTARA GEMPA DAN POSISI SURAT DAN AYAT DALAM AL QURAN
    Untuk lebih yakin tentang waktu gempa silahkan buka situs resmi BMG

    Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.(Q.S.17:16)—->Gempa Padang waktu terjadinya jam 17:16 WIB

    (keadaan mereka) serupa dengan keadaan Fir’aun dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang yang sebelumnya. Mereka mengingkari ayat-ayat Allah, maka Allah menyiksa mereka disebabkan dosa-dosanya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi amat keras siksaan-Nya. (Q.S. 8:52)—->Gempa Jambi waktu terjadinya jam 08:52 WIB

    HANYA ALLAH YANG MAHA TAHU KAITAN HAL TERSEBUT.

    MENGAPA TERJADI GEMPA?

    Ibnul Qayyim –rahimahullah dalam kitabnya Ad-Da’ Wa Ad-Dawa’ menyebutkan riwayat-riwayat berikut ini (hlm 72-74): Ibnu Abi Ad-Dunya –rahimahullah meriwayatkan dari Anas bin Malik –radhiallahu anhu, bahwasanya beliau dan seorang lagi masuk menemui ibunda ‘Aisyah –radhiallahu anha, lalu orang tersebut berkata: “Wahai Ummul Mukminin! Beritahukanlah kepada kami tentang gempa.” Ibunda ‘Aisyah –radhiallahu anha menjawab: “Apabila mereka telah memperbolehkan perzinahan, meminum khamer, memainkan alat musik, maka Allah –subhanahu wa ta’ala marah di langit-Nya dan berfirman kepada bumi: ‘Bergoncanglah atas mereka!’ Jika mereka bertaubat dan meninggalkan perbuatan tersebut (berhentilah), jika tidak, maka hancurkanlah mereka!” Orang tersebut berkata: “Wahai Ummul Mukminin! Apakah itu adzab atas mereka?” Beliau menjawab: “Itu adalah peringatan dan rahmat bagi orang-orang beriman, dan hukuman, adzab serta murka atas orang-orang kafir.”
    Berkata Anas –radhiallahu anhu: “Aku tidak pernah mendengar hadis sepeninggal Rasulullah –sallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam yang lebih menyenangkanku daripada hadis ini.”

    Imam Ahmad bin Hanbal –rahimahullah meriwayatkan dari Shafiyyah –radhiallahu anha, beliau berkata: “Bumi bergoncang di Madinah pada masa Umar –radhiallahu anhu, lalu beliau berkata: ‘Wahai manusia! Ada apa ini? Alangkah cepat penyimpanganmu! Kalau sekiranya bumi telah kembali seperti semula aku tidak akan tinggal bersamamu di sana.'”

    Berkata Ka’ab –rahimahullah: “Sesungguhnya terjadinya gempa bumi adalah apabila dilakukan kemaksiatan di atasnya, lalu bumipun bergetar takut apabila Allah-subhanahu wa ta’ala mengetahuinya.” (Riwayat-riwayat diatas tidak diberi komentar oleh pentahqiq kitab tersebut Syaikh Ali Hasan)

    • 6 Oktober 2009 pukul 8:07 pm

      Subahanallah..sebagai orang muslim, aku percaya kepada Alquran dan Hadist Shahihnya..gempa di Padang memang sudah janji Allah kepada hambanya yang sudah mulai lalai, terutama di hotel Ambacang itu yg semua orang tau sering terjadi kemaksiatan entah itu pagi, siang, sore dan malam hari..Astagafirulah..,

      • arief...
        8 Oktober 2009 pukul 1:05 pm

        Subhanallah,,,,,betul – betul sebenarnya Al _ Quran telah memberikan penjelasan kepada kita tentang apa yang ada di dunia ini…..dan saya sangat percaya ini merupakan teguran dari ALLAH kepada saudara – saudara kita yang ada di bumi andalas tersebut…..mudah – mudahan kejadian ini dapat menjadi bahan renungan kita semua untuk meningkatkan IMAN kita..AMIIIIIN

    • Mane rocky
      1 April 2012 pukul 7:34 am

      saya cuman mau sampaikan, bahwa agama tidak ada hungungannya sama sekali dengan fenomena alam ( bencana alam.,etc), walaupun kita ada brsama pada 1 rana yg sama tp agama punya jalur tersendiri untuk mendiskripsikan bumi serta asal usulnya.
      dan ingad agama tidak akan pernah mampu untuk menjelaskan semua peristiwa ini dengan pembenarannya menurut surat,kitab suci n penafsiran, mimpi atau dongeng. apalagi jika disangkut pautkan antara bencana alam dan moralitas manusia trhadap kemaksiatan, durhaka, kaya miskin,lalai, iman.,etc sesuai pandangan agama.
      intinya tidak ada sudut perspektif agama yg dapat menjelaskan hubungan sebab akibat serta solusinya dlm hal ini. hati2 jgn sampai anda kluar jalur dan disesatkan. konsumsilah agama sesuai tujuan n hakekatnya.
      thx :)

  9. Ita Jundz
    4 Oktober 2009 pukul 7:57 am

    informasi yang bisa bermanfaat banget neh . apalagi indonesia tu negara yang rawan gempa . thanks a lot !

  10. 4 Oktober 2009 pukul 8:08 am

    @Abdul Aziz: Saya juga percaya akan adanya semua itu, seberapa HEBAT manusia, seberapa KUAT manusia, seberapa PINTAR manusia.. tapi jikalau Allah SWT. sudah menghendaki, Laut pun dapat dipindahkan ke kota.. (terima kasih Kunjungannya..)
    @Ita Jundz: terimakasih kembali atas kunjungannya..

  11. 4 Oktober 2009 pukul 8:42 am

    informasi yang menarik sekali dan bermanfaat

  12. 4 Oktober 2009 pukul 9:07 am

    wah .. bener-bener ini mah!! informasi menarik, bermanfaat, menambah ilmu, dll..
    keren lah!!! syukron iaa..

  13. 4 Oktober 2009 pukul 9:23 am

    wew,, makasih infonya,,
    sekalian nambahin,, kalo terjadi gempa besar, jika anda sempat, ambil handphone atau alat komunikasi lain di sekitar anda,, agar jika anda nantinya dalam situasi terjebak anda bisa meminta pertolongan,,

  14. alin
    4 Oktober 2009 pukul 10:43 am

    Biasanya anjing tetangga ribut sesaat sebelum gempa, kalo ciri2 lain sih ….. kalo lo tinggal d daerah yg g biasa ada gempa, pasti g akan perhatian deh. kalo lo tinggal di bengkulu sini, sebulan g ada gempa jd agak2 khawatir,,,

  15. 4 Oktober 2009 pukul 12:04 pm

    Tips yang sangat berguna. Memang sebaiknya sedia payung sebelum hujan. Lebih baik tau dulu. Daripada tidak tau menahu

  16. 4 Oktober 2009 pukul 4:12 pm

    tips yang berguna..
    thanks..

  17. diazscript
    4 Oktober 2009 pukul 4:51 pm

    bagus mas.. saya ambil ya artikenya.. saya taruh di diazscript.wordpress.com

  18. 4 Oktober 2009 pukul 5:24 pm

    Salam kenal.
    Numpang baca ya.

  19. 4 Oktober 2009 pukul 7:39 pm

    wah info yang bermanfaat

  20. 4 Oktober 2009 pukul 8:45 pm

    info berguna , kayanya memang perlu disebar luaskan biar gak lufa di negeri para pelufa ini, thanks

  21. 4 Oktober 2009 pukul 10:37 pm

    sangat berguna. terima kasih infonya

  22. 5 Oktober 2009 pukul 2:10 am

    @bonankz: wah terimakasih, jadi lengkap deh kalau begitu
    @alin: turut prihatin, dan semoga gempa tidak melanda kembali di Negeri tercinta ini.. amin
    @Hana: terimakasih kunjungannya
    @diazscript: kalau kiranya bagus langsung aja Gan, dengan senang hati
    @dinda27: terimakasih kunjungannya..
    @willy weblog: terimakasih..
    @atmo: hahaha.. “@atmo” bisa-bisa aja. terimakasih kunjungannya
    @ikiakukok: terimakasih kunjungannya

  23. 5 Oktober 2009 pukul 1:56 pm

    berinformasi!

  24. 5 Oktober 2009 pukul 5:43 pm

    Analisis yg bagus, kalau memang sebelum gempa ada medan elektromagnetik yg besar, berarti kita bisa bikin alat pendeteksi gempa dg menelusuri frekuensinya, …ayo tobat !

    • 15 Oktober 2009 pukul 1:30 pm

      Indonesia da pNya alat sperti ntu,, tapi sayang pemerintah ga pernah berhati – hati dalam melakukan pendektesian gempa dan seringkali menyalgunakan alat tsb…

  25. sesamaislam
    6 Oktober 2009 pukul 12:35 am

    Mahkamah Tinggi Syariah Kota Bharu hari ini memberikan tempoh tujuh hari lagi kepada isteri Tengku Temenggong Kelantan, Cik Puan Temenggong Manohara Odelia Pinot untuk memfailkan pembelaannya terhadap dua tuntutan saman suaminya Tengku Muhammad Fakhry Sultan Ismail Petra bagi mengembalikan semula hutang dan perintah kembali taat.

    http://jutawanklik.com/?a_aid=f7ff7bd5

  26. 6 Oktober 2009 pukul 3:59 am

    Bencana alam seperti gempa bumi memang sering terjadi di negeri kita sekejap saja gedung-gedung sudah hancur dan banyak memakan korban.Inilah kekuatan alam.
    Okey juga tips-nya,terutama waktu berada DI MALL, BIOSKOP, DAN LANTAI DASAR MALL
    Yang paling susah menenangkan diri alias tidak panik

    Salam Dahsyat
    http://iklanbaris-gratis.org

  27. luminous25
    6 Oktober 2009 pukul 7:23 am

    yup gempa sdh dimana-mana sekarang,.. sudah saat nya rakyat kita dibekali dgn pengetahuan tentang gempa.

    Tips Bertahan Hidup Saat Gempa
    CCTV Hotel Ambacang Saat Gempa

  28. 6 Oktober 2009 pukul 8:39 am

    terimakasih infonya… Yah semoga enggak ada gempa lagi… ;)

    http://demoffy.info

  29. 6 Oktober 2009 pukul 9:21 am

    Terimakasih pengetahuannya, sangat baik dan membantu.

  30. 6 Oktober 2009 pukul 2:59 pm

    makasi, untuk informasinya
    semoga dapat bermanfaat

  31. muslimafif
    6 Oktober 2009 pukul 3:32 pm

    Qt hanya dpt memperkirakan melalui gejalanya, tapi tidak bisa memastikan, oleh karenanya jangan memperturutkan diri dalam kecemasan, mohonlah perlindungan Allah secara kontinyu, di samping aktivitasnya yang positif. saya pikir tipsnya bermanfaat. trims

  32. 6 Oktober 2009 pukul 3:47 pm

    makasih OM
    pengetahuan yang baru nich

  33. 6 Oktober 2009 pukul 10:48 pm

    info yg bgus,smga qta snantiasa dlm LindunganNYA.Amin.

  34. 8 Oktober 2009 pukul 7:22 am

    Info yang sangat berguna dan bermanfaat. Tapi mudah-mudahan tidak pernah mengalami gempa bumi.

  35. 8 Oktober 2009 pukul 8:17 am

    tips yang sangat bermanfaat,,
    btw, adakah perbedaan ciri2 akan terjadi gempa jenis vulkanik & tektonik?

  36. ekojuli
    8 Oktober 2009 pukul 9:55 am

    semoga sodara2 kita diberi ketabahan

    badai pasti berlalu

    Yang menarik di gempa padang:

    http://ekojuli.wordpress.com/2009/10/06/bukti-bencana-di-indonesia-ini-ternyata-benar-benar-peringatan-allah/

  37. 8 Oktober 2009 pukul 12:24 pm

    Salam kenal.. Menarik sekali infonya mas. Ada gambarnya pula.. Ijin nge-link mas..
    http://chemistrol.com/sains/tips-menghadapi-gempa-bumi-dan-sunami-tsunami/

  38. 8 Oktober 2009 pukul 3:30 pm

    Tips menarik dan harus disosialisasikan.
    tukeran link ya Mas..

  39. 8 Oktober 2009 pukul 10:16 pm

    if all muslim aware about this column..

  40. 9 Oktober 2009 pukul 9:30 am

    mari perbaiki diri kita semuanya
    Mudah-mudahan ini bermanfaat….

    http://abasalma.wordpress.com/2009/10/08/titipan-saudaraku-di-jalan-allah/

  41. 10 Oktober 2009 pukul 8:16 am

    mudah-mudahan kita semua dapat dihindarkan dari segala musibah.. serta di berikan ketabahan untuk para korban.. AMIN. terimakasih atas suport dan kunjungannya semua.. tetap selalu semangat dan selalu dapat menjaga persaudaraan itulah yang terpenting.. SEMANGATTT…

  42. mila
    11 Oktober 2009 pukul 7:45 pm

    thx lot FYI..

  43. 6 Maret 2010 pukul 7:26 am

    hubungan antara gempa dan tsunami apa sih ???
    mohon balasannya yah cZ penting banget…

  44. mcc
    30 April 2010 pukul 12:39 pm

    wah… info na b’guna nie, bwt bhn presentasi,,,

    quw copy d blog quw blh kan???

  45. 20 Mei 2011 pukul 6:52 pm

    benar gak ya besok tgl 21 mei 2011 akan terjadi gempa ?

  46. blabla
    10 Oktober 2011 pukul 3:08 pm

    sebelum ny maaf kalo comment ku agak menyindir, tp ini cm pndapt ku,
    Saya rasa gempa dan kejadian alam” yg lain nya tidak ad sngkutan dgn hal agama , ap lg yg berada d dlm qur’an seblm ny maaf., hal ini (kejadian alam)seperti ini emg sering dan lumrah, misal nya terjadi d hotel ambacang yg d ktakn t4 berbuat maksiat, it cma kbtulan, tapi kalian ad liat cnth lain? Kenapa musola” n t4 ibadat lain jga hancur?pdhal it t4 kta berdoa n mendkatkn dri kpd Tuhan,, cb d pkr kan dlu :) maaf kalo ad kata”saya yang menyinggung sblum ny.,
    Mari kita fikir secra logis saja , jgn terlalu mempermasalahkan hal ini(bncna alam, dan berbgai fenomena alam) dgn agama”, hal ini lumrah trjd ap lg bumi kita yg sudah semakin tua dan ulah kita sebgai manusia yang sudah mengacaukan keseimbngan” alam, cnth ny gas CO yg d keluarkn pbrik” dan maraknya penebgan liar, jadi kita harus instropeksi lg :) come on save our earth, love our earth :)

    • riesdieani
      31 Oktober 2011 pukul 1:44 pm

      betul itu

  47. 31 Januari 2012 pukul 5:47 pm

    Kta tdak tau kpn bncna itu dtang. Tpi kta ttp brusaha supaxa terhindar..

  48. Mane rocky
    1 April 2012 pukul 4:18 am

    “””kalau di langit ada awan yang berbentuk seperti angin tornado/seperti pohon/seperti batang, bentuknya berdiri, itu adalah awan gempa yang biasanya muncul “”sebelum gempa terjadi””
    Awan yang berbentuk aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi.

    Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi.”””

    mungkin anda perlu kaji lagi tentang seismologi, krn kalau dilihat dari skenario anda tntang terjadinya gempa bumi, saya bingung diatas anda katakan bahwa awan gempa terjadi sebelum gempa bumi, tp di bawah anda menjelaskan bhwa awan gempa tercipta krn glombng elektromknetik n glombng trsebut tercpta krn adanya pergeseran lempeng.

    setau saya gempa bumi atau dngn istilah yunaninya seismos yg artinya getaran itu adalah akibat pergeseran lempeng bumi dan itu mrupakn impact secara lngsung tidak mengikuti fase, brbeda dngn awan gempa.
    mungkin sprti itu…terkecuali jika anda mengatakan bahwa adanya gelombang elektromaknetik krn mempunyai karakteristik dan sifat tersendiri tidak terkait ernegi yg dikeluarkan saat tidak trjadi patahan pada lempeng bumi sedikit pun. bisa jelaskan?

    krn sampai skrng blum ada solusi yg akurat tntang bahaya dini bencana gempa.

    artikel ini sebelumnya sudah saya lihat di wikipedia, dan ada beberapa yg menulis dngn topic yg sama tetapi agak sedikit kacau dngn theory atau konsep yg digunakan.

    mohon kerja samanya….
    wikipedia bukan jaminan informasi yg terujii n tepat. jadi prtimbngkn sblum anda menulis.
    thx.:)

  49. 8 Agustus 2012 pukul 9:52 pm

    baru baru ini (5 agustus 2012 ,di banda aceh)ada penampakan awan yang seperti toni bilang tapi saya tidak bisa memprediksikan akan adanya gempa.tp kejadiannya cukup lama dari jam 10 pagi s/d 03 siang.saya hanya memberitahukan saudara 2 terdekat saya aja klo bs terjadi gempa tp saya tdk bs memberi tahukan kalayak ramai nanti bisa heboh.saya sempat medokumentasikan kedalam facebook saya.mogamoga tak akan terjadi lagi diaceh dan di indonesia amin.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: